Followers

Selasa, 09 Maret 2010

Tips Membuat Password Yang Aman


Mendengar kata password pasti kalian setuju kalo hal tersebut berhubungan dengan sesuatu yang penting, rahasia, dan pribadi. Menggunakan password untuk “kunci” suatu data atau account merupakan cara yang efektif untuk menghindari dari tangan-tangan yang jahil dan tidak berkepentingan. Nah, kali ini aku mau ngebagi tips membuat password yang aman.
Tapi sebelumnya akau mau ngasih penjelasan dulu mengenai apa itu password. Password, merupakan sederet karakter yang memuat inormasi penting untuk melakukan proses autentikasi, yaitu proses sistem untuk memastikan bahwa orang yang mengakses sistem tersebut  adalah orang yang berhak mengakses.
Dah cukup ya, langsung aja ke tipsnya.
1.      Jangan buat password yang berhubungan dengan diri kamu. Misalnya aja, nama pacar kamu, nama hewan piaraan kamu, warna favoritmu, nama makanan atau minuman kesukaan.
2.      Kemudian, buatlah password berkarakter panjang, misalnya saja 20 karakter. Karena kemungkinan dibobol lebih kecil.
3.      Gunakan simbol-simbol tertentu di luar alfanumerik (abjad dan angka), misalnya symbol @#$%^&*<>?()-_=+|\/:”{};’[]!~`. Karena karakter tersebut biasanya sulit untuk ditebak.
4.      Gunakan Software generate password, maksudnya untuk ne-random atau mengenkripsi password. Bila anda berminat anda bias mengunduh software untuk mengenkripsi password disini.
5.      Jangan Gunakan password yang ada dalam kamus ato dictionary.
6.      Jangan menyimpan password di secarik kertas.Karena mungkin bisa ditemukan orang lain setelah anda membuang kertas tersebut.
7.      Dan yang terakhir, gunakanlah sistem copas (copy paste) untuk menginput password, karena hal ini bias menghindari kecolongan password oleh hacker dengan keylogging. Keylogging adalah sebuah trik untuk mendapatkan semua informasi apa saja dengan melihat apa saja yang user tekan pada keyboard. Perangkat untuk melakukan teknik ini disebut keylogger, ada yang software dan ada yang hardware.
Sebenarnya cara-cara diatas tidak 100% aman. Karena bagaimanapun sebuah sistem dibuat dengan sempurna dan hebat, pasti dikemudian hari akan bobol juga. Tetapi setidaknya cara-cara diatas cukup aman untuk anda lakukan. Selamat mencoba and Good Luck…

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management